Minggu, 17 Desember 2017

Promosi Produk Hasil Usaha






 Pengertian Promosi
Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup usaha   serta meningkatkaan kualitas penjualan yang secara tidak langsung akan meningkatkan kegiatan pemasaran dalam memasarkan produk yang dihasilkan.



Strategi Promosi :
  • Periklanan  ( advertising) 
Merupakan sebuah bentuk komunikasi non personal yang harus memberikan imbalan/pembayaran kepada sebuah organisasi atau dengan menggunakan media massa. Adapun media yang  biasa digunakan   adalah televisi, surat kabar, majalah, internet,  dan lain lain.
  • Promosi penjualan (sales promotion) 
Merupakan insentif jangka  pendek untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa dimana diharapkan pembelian dilakukan  sekarang juga. Wujud nyata kegiatan promosi  penjualan misalnya adalah obral, pemberian kupon, pemberian contoh produk, dan lain-lain .
  • Penjualan tatap muka  (Personal Selling) 
Merupakan sebuah proses dimana para pelanggan diberi informasi dan persuasi untuk membeli produk-produk melalui  komunikasi  secara personal dalam suatu situasi perekrutan.
  • Hubungan Masyarakat (Publishitas) 
Merupakan bentuk komunikasi non personal dalam bentuk berita sehubungan dengan organisasi tertentu atau tentang produk-produknya yang ditransmisi melalui perantara media massa dan tidak dipungut biaya sama sekali tetapi bukan juga cuma-cuma.



Tujuan Promosi :
  •  Memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan.
  •  Meningkatkan angka penjualan. 
  • Membangun loyalitas konsumen 


Manfaat Promosi :
  •  Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
  • Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
  • Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian  produk hingga sampai ke konsumen
  • Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
  •  Mengetahui strategi promosiyang tepat kepada para konsumen 
  • Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya 
  • Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi 

Sasaran Promosi :
  • Mulut ke mulut atau testimonial
  •  Promosi melalui jejaring sosial 
  • Loyalty programs 
  • Up-selling
  • Mengadakan suatu acara 
  • Email dan mobile marketing 
  • Blog dan video 
  • Stiker promosi di tempat-tempat menunggu 


Teknik Promosi :
  • Memberikan kupon (Coupons) 
Teknik ini dilakukan dengan memberikan sertifikat yang memberi hak pada pemegangnya untuk mendapat pengurangan harga seperti yang tercetak untuk pembelian produk tertentu. Kupon dapat dikirim, disertakan atau dilampirkan pada produk, atau diselipkan dalam iklan di majalah dan Koran. Kupon agar efektif sebaiknya memberikan ptongan harga 15% sampai 20%
  • Price-off Deals/Discount (Potongan harga) 
Teknik ini dilakukan dengan memberikan potongan harga langsung di tempat pembelian, biasanya potongan harga berkisar dari 10% -25%.
  • Premium and advertising specialties (Promosi special) 
Teknik ini dilakukan dengan memberikan barang dengan biaya yang relatif rendah atau gratis sebagai insentif untuk membeli produk tertentu.
  • Contest and sweepstakes (Kontes dan Undian) 
Teknik promosi yang dilakuakn dengan memberikan hadiah berupa tawaran kesempatan untuk memenangkan uang tunai, perjalanan atau barangbarang karena membeli sesuatu. Teknik ini dapat juga dilakukan dengan cara memberikan kontes tentang mebuat jingle atau logo produk makanan intersional yang akan dibuat.
  • Sampling and trial offers (pemberian contoh produk) 
Merupakan teknik promosi dengan memberikan penawaran gratis untuk sejumlah produk atau jasa. Sampel itu dapat dikirim dari rumah ke rumah, dikirim lewat pos, diambil di toko, disertakan pada produk lain atau dipajang dalam suatu penawaran iklan. Pemberian sample adalah cara yang paling efektif dan paling mahal untuk memperkenalkan suatu produk baru. Beberapa teknik yang dipergunakan pada sampling adalah :
  1.  In-store sampling yaitu pemberian contoh produk di dalam took 
  2. Door-to-door samplingyaitu pemberian contoh produk dengan mendatangi konsumen satu per satu. Teknik ini lumayan mahal karena besarnya biaya tenaga kerja, tetapi dapat efektif jika pemasar mempunyai informasi lokasi yang sesuai dengan segmentasi dan target yang akan dicapai pada area geografi tertentu. 
  3. Mail sampling  yaitu mengirimkan contoh prosuk melalui jasa pos. Teknik ini merupakan alternatif dari distribusi door-to-door. 
  4. Newspaper sampling yaitu pengiriman contoh produk melalui surat kabar 
  5. On-Package sampling  yaitu teknik dimana contoh barang disisipkan pada kemasan produk lain, sangat berguna untuk brands targeted Contohnya: Pembelian makanan utama berhadiah ice cream. 
  6. Mobile sampling yaitu membawa keluar logo untuk menghiasi mall, area rekreasi, ecan raya dan pusat perbelanjaan. 
  7. Brand (Product) placement  adalah teknik promosi untuk mencapai pasar dengan memasukan produk pada sebuah acara televisi atau film. Contoh: artis melakuakn adegan makan/minum dengan menggunakan produk makanan internsional atau di warung makan/restoran. 
  8. Rebates (Rabat/ tawaran pengembalian tunai) yaitu memberikan pengurangan harga setelah pembelian terjadi. Konsumen mengirim bukti  pembelian tertentu kepada produsen. Dikenal dalam tawaran barang konsumsi sebagai beli tiga, dapat satu gratis. 
  9. Frequency (Continuity) programs yaituteknik promosi yang mengarah kepada program-program yang berkelanjutan, seperti menawarkan konsumen discount atau hadiah produk gratis untuk mencapai terjadinya pengulangan dalam pembelian atau langganan dari merk atau perusahaan yang sama. 
  10. Event Sponsorship yaitu menjadi spronsor pada suatu event besar yang banyak didatangi oleh konsumen.seperti pertandingan balap mobil, konser musik atau acara amal, itu membuat merk sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga membuat kredibilitas merk meningkat bersamaan dengan para penonton di acara tersebut.



 

Tidak ada komentar:
Write komentar