Pengertian Promosi
Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup usaha serta meningkatkaan kualitas penjualan yang secara tidak langsung akan meningkatkan kegiatan pemasaran dalam memasarkan produk yang dihasilkan.
Strategi Promosi :
- Periklanan ( advertising)
- Promosi penjualan (sales promotion)
- Penjualan tatap muka (Personal Selling)
- Hubungan Masyarakat (Publishitas)
Tujuan Promosi :
- Memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan.
- Meningkatkan angka penjualan.
- Membangun loyalitas konsumen
Manfaat Promosi :
- Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
- Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
- Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen
- Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
- Mengetahui strategi promosiyang tepat kepada para konsumen
- Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
- Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi
Sasaran Promosi :
- Mulut ke mulut atau testimonial
- Promosi melalui jejaring sosial
- Loyalty programs
- Up-selling
- Mengadakan suatu acara
- Email dan mobile marketing
- Blog dan video
- Stiker promosi di tempat-tempat menunggu
Teknik Promosi :
- Memberikan kupon (Coupons)
- Price-off Deals/Discount (Potongan harga)
- Premium and advertising specialties (Promosi special)
- Contest and sweepstakes (Kontes dan Undian)
- Sampling and trial offers (pemberian contoh produk)
- In-store sampling yaitu pemberian contoh produk di dalam took
- Door-to-door samplingyaitu pemberian contoh produk dengan mendatangi konsumen satu per satu. Teknik ini lumayan mahal karena besarnya biaya tenaga kerja, tetapi dapat efektif jika pemasar mempunyai informasi lokasi yang sesuai dengan segmentasi dan target yang akan dicapai pada area geografi tertentu.
- Mail sampling yaitu mengirimkan contoh prosuk melalui jasa pos. Teknik ini merupakan alternatif dari distribusi door-to-door.
- Newspaper sampling yaitu pengiriman contoh produk melalui surat kabar
- On-Package sampling yaitu teknik dimana contoh barang disisipkan pada kemasan produk lain, sangat berguna untuk brands targeted Contohnya: Pembelian makanan utama berhadiah ice cream.
- Mobile sampling yaitu membawa keluar logo untuk menghiasi mall, area rekreasi, ecan raya dan pusat perbelanjaan.
- Brand (Product) placement adalah teknik promosi untuk mencapai pasar dengan memasukan produk pada sebuah acara televisi atau film. Contoh: artis melakuakn adegan makan/minum dengan menggunakan produk makanan internsional atau di warung makan/restoran.
- Rebates (Rabat/ tawaran pengembalian tunai) yaitu memberikan pengurangan harga setelah pembelian terjadi. Konsumen mengirim bukti pembelian tertentu kepada produsen. Dikenal dalam tawaran barang konsumsi sebagai beli tiga, dapat satu gratis.
- Frequency (Continuity) programs yaituteknik promosi yang mengarah kepada program-program yang berkelanjutan, seperti menawarkan konsumen discount atau hadiah produk gratis untuk mencapai terjadinya pengulangan dalam pembelian atau langganan dari merk atau perusahaan yang sama.
- Event Sponsorship yaitu menjadi spronsor pada suatu event besar yang banyak didatangi oleh konsumen.seperti pertandingan balap mobil, konser musik atau acara amal, itu membuat merk sangat ditonjolkan pada acara tersebut sehingga membuat kredibilitas merk meningkat bersamaan dengan para penonton di acara tersebut.
Tidak ada komentar:
Write komentar