Senin, 18 Desember 2017

Coral Triangle

Indonesia yang merupakan negara kepulauan tentu memiliki perairan yang amat luas. Perairan/Laut Indonesia memiliki luas 3,1 juta km² dan terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari sabang hingga merauke. Perairan Indonesia yang luas tentu memiliki keanekaragaman yang sangat luar biasa. Keindahan Perairan Indonesia yang masuk kedalam Segitiga Terumbu Karang Dunia.Segitiga Terumbu Karang dunia ini merupakan kawasan yang memiliki terumbu karang yang sangat indah yang didalamnya memiliki 75% karang dunia. yuk mengenal Segitga Terumbu Karang.





Segitiga Terumbu Karang ini meliputi banyak wilayah dengan luas kurang lebih 6.500.000 km², dan terdiri dari 600 spesies terumbu karang yang merupakan 75% semua spesies Karang yang ada di Dunia. Perairan Segitiga Karang Dunia juga merupakan tempat tinggal 3.000 spesies ikan, termasuk ikan terbesar hiu paus, dan fosil hidup coelacanth.

Segitiga Terumbu Karang Dunia adalah kawasan yang memiliki keanekaragaman hayati laut paling kaya di dunia, meliputi laut-laut dari 6 negara di Asia Pasifik, yakni Filipina, Indonesia, Kepulauan Solomon, Malaysia, Papua Nugini, dan Timor Leste. Meskipun demikian, kawasan ini berada dalam ancaman serius dari eksploitasi berlebihan dan kerusakan lingkungan hidup.

Segitiga Terumbu Karang di Indonesia meliputi Perairan di Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, Pulau Bali, Pulau Nusa Tenggara Barat dan Timur, Dan Pulau Papua. Tenru hal ini merupakan hal yang sangat menakjubkan dimana Perairan Indonesia memiliki keaneka ragaman biota laut yang indah dan luas. 

Indonesia merupakan kawasan segitiga terumbu karang yang memiliki terumbu karang yang cukup baik diantaranya Kepulauan Raja Ampat di Papua Barat. Jumlah jenis terumbu karang di Raja Ampat tersebut merupakan 75% dari seluruh jenis terumbu karang dunia yang pernah ditemukan. Walaupun Kepulauan Carribean di Amerika tengah dan Great Barrier Reef Marine Park di Australia sangat terkenal, kedua kawasan tersebut hanya memiliki sekitar 400 jenis karang.Beberapa kepulauan di Indonesia yang juga memiliki jenis karang cukup tinggi adalah Kepulauan Derawan, Kaltim (444 jenis karang), Pulau Banda (330 jenis), Nusa Penida, Komodo, Bunaken, Wakatobi dan Teluk Cendrawasih. Kepulauan tersebut juga merupakan tujuan utama wisata bahari, terutama untuk wisata selam dunia.









 source data :
https://www.tripinto.co.id/segitiga-terumbu-karang-dunia/
http://www.beritasatu.com/nasional/104036-kawasan-segitiga-terumbu-karang-jadi-paruparu-dunia.html 

source image :
http://www.mongabay.co.id/2012/05/08/segitiga-terumbu-karang-bukan-cuma-untuk-ikan/

Tidak ada komentar:
Write komentar